Kamis, 12 Mei 2011

Para Pencari Tuhan








Konsep Ketuhanan dalam Islam

Mengenai judul di atas, memang bisa dijadikan topik yang asyik dan patut untuk diperbincangkan...tetapi bukan setajam "SILET"..Beda konsep.....
Dari sekian banyak teman saya, ada salah satu yang memiliki pertanyaan kritis sekali. Dia bertanya, "Tuhan ada dimana sekarang?". Nah, lhoo...dimana Tuhan sekarang??...ada yang bisa jawab??..

Ketika saya mendengar pertanyaan teman saya itu, saya seketika itu juga tertegun, terkejut, terkaget-kaget, terlena..Ooohh, tidak sampai terlena..
Pertanyaan dari teman saya tersebut, hampir sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS., seperti judul "Para Pencari Tuhan".

                       Dalam QS.al-An'am : 76-79 diceritakan, bahwa :
76. "Ketika malam menjadi gelap, ia melihat bintang sembari berkata : Inilah Tuhanku, tetapi tatkala bintang itu tenggelam, ia berkata : Saya tidak suka kepada yang tenggelam".
77. "Kemudian tatkala Ibrahim melihat bulan terbit, dia bertanya (dalam hati) : Inilah Tuhanku?, tetapi setelah bulan itu terbenam, dia berujar : Sesungguhnya jika Tuhanku tidak memberiku petunjuk, pastilahaku termasuk orang-orang yang sesat".
78. "Tatkala Ibrahim melihat matahari terbit, dia berkata : Inilah Tuhanku (sebab) ini lebih besar. Namun, ketika matahari itu tenggelam, ia berkata : Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu sekutukan".
79. "Sesungguhnya, aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama-agama yang benar dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan Tuhan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar